Deretan Destinasi Wisata Terpopuler di Sukabumi! Expoler Sukabumi Yuk!

Sukabumi bukan hanya terkenal karna mochinya saja, kini Sukabumi perlahan menjelma menjadi Destinasi Pariwisata dengan jutaan keindahan Alamnya.

Pesona alam Sukabumi tidak kalah indah dengan yang daerah lain, baik darat dan laut, masing-masing memiliki keindahan dan keunikan tersendiri yang menawan. Berikut daftar destinasi wisata terpopuler dan terhits di Sukabumi.

Kampung Kumpul Curug Sawer Cikareo

Curug Sawer Cikareo adalah sebuah taman wisata Alam dan Air yg berlokasi di perbukitan dekat kaki Gunung Salak.

Tidak hanya menawarkan keeksotisan Curugnya saja, tetapi kita juga bakal dimanjakan dengan pemandangan yang luas dan menakjubkan dari ketinggian -/+ 3000 kaki dari permukaan laut, disini juga banyak spot selfie terbaik yang wajib dicoba.

Suasana yang masih asri dan udara yang sejuk sangat cocok digunakan untuk liburan bersama keluarga, reuni bersama teman, maupun acara gathering kantor. Fasilitas/wahana yang tersedia mulai dari 2 Kolam Renang & Air Tumpah, Taman I Love U & Bond of Love, Berkuda, Karaoke, Outbond, dan lainya. Tersedia juga penginapan dan villa untuk bermalam.

Tips berkunjung ke Curug Sawer Cikareo
+Pastikan kendaraan yang dipakai siap digunakan
+Bawa bekal/makan sendiri, suasana disini cocok sekali untuk piknik/botram bersama keluarga.

Harga tiket masuk: Rp. 15,000/Dewasa Rp. 10,000/Anak
Parkir: Rp. 2000/motor | Rp. 5,000/mobil
Fasilitas: 2 Kolam renang, taman I Love U & Bond of Love, karaoke, berkuda, Pemancingan, aula/mushola, toilet umum, penginapan dan sewa villa.
Status Info: Update Januri 2018

Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu

Geo Park Ciletuh Palabuhan sebuah Kawasan Wisata seluas 126.100 Ha meliputi 74 desa, yang terbagi dalam delapan kecamatan yaitu Kecamatan Ciracap, Surade, Ciemas, Waluran, Simpenan, Palabuhanratu, Cikakak dan Cisolok. Geopark Ciletuh terbagi lagi dalam tiga Geoarea yaitu: Geoarea Ciletuh, Geoarea Simpenan dan Geoarea Cisolok.

Geopark Ciletuh menyimpan banyak sekali keragaman Geologi, Hayati dan Budaya. Antara lain Air terjun; Bentangalam; Pulau-pulau kecil; Batuan unik/estetik; Gua laut; Batuan langka dan fosil;  Pantai dan Geyser

Terdapat 10 wisata Air Terjun (Curug) di Geopark Ciletuh yang bisa kita kunjungi:

Curug Cimarinjung

Memiliki ketinggian mencapai 50 m, Curug Cimarinjung adalah salah satu andalan tempat wisata di Geopark Ciletuh. Keunikan dari Curug ini adalah letaknya yg berada ditengah lereng perbukitan batuan tertua di Pulau Jawa. Selain itu saat musim penghujan aliran air menjadi deras dan membentuk danau yang luas dan dalam.

Harga tiket masuk: Rp. 3,000/org
Parkir: Rp. 3,000/motor | Rp. 5,000/mobil
Fasilitas: Mushola, toilet, lapangan parkir, pos penjagaan dan warung makan.
Panduan Arah: Koordinat Google Map
Status Info: Update 2016.

Curug Cikaso

Curug Cikaso terletak di Desa Surade, 30-40 menit dari Ujung Genteng. Keunikan curug cikaso yaitu mempunyai lebar 100m dan tinggi air terjun sekitar 80m, terdapat juga 3 air terjun sekaligus di curug cikaso masing-masing dinamai Curug Aki, Curug Meong dan Curug Aseupan, ketiganya adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dari curug cikaso.

Aliran air dari curug cikaso di tampung dalam kolam yg terletak dibawahnya. Kolamnya berwarna biru kehijauhijauan karena dipengaruhi oleh gangang yang ada di bawahnya. Untuk mengakses curug cikaso, dari parkiran kendaraan kita bisa berjalan kaki sekitar 30 menit menuju lokasi, atau juga bisa menyewa perahu untuk menyusuri aliran air curug cikaso dengan merogoh kocek sekitar Rp. 80,000-120,000/kapal. 1 Kapal bisa memuat 8-10 org.

Harga tiket masuk: Rp. 3,000/org | Rp. 27,000/Mobil + Kebersihan Rp. 2,000/org
Parkir: Rp. 6,000/Mobil
Fasilitas: Toilet umum, warung makan, kios cinderamata, camping ground, penginapan dan parkiran.
Status info: Update Oktober 2017

Curug Awang

Curug Awang menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Geopark Ciletuh, air terjun setinggi 40m dan lebar 60m ini sudah terkenal dikalangan traveler/wisatawan yang berkunjung ke sini, bahkan banyak yang mengklaim curug awang sebagai Niagara nya Indonesia.

Tips berkunjung ke Curug Awan
+ Membawa makan sendiri, karena disini warung masih sedikit
+ Pastikan kendaraan yang dipakai siap & aman

Harga tiket masuk: Rp. 3,000/org
Parkir: Rp. 3000/motor | Rp. 5,000/mobil
Fasilitas: Toilet umum, warung, saung dan parkiran
Status info: Update 2017

Curug Sodong

Air Terjun ini dinamai Curug “Sodong”, karena dibalik air terjun ini ada sebuah cekungan yang menyerupai gua, dalam bahasa sunda cekungan menyerupai gua disebut ” sodong”, jadilah curug ini dinamakan Curug Sodong.

Curug ini mempunyai 2 Aliran air yang sama, curug ini juga mempunyai nama lain Curug Penganten dan Curug Kembar.

Harga tiket masuk: Rp. 3,000/org
Parkir: Rp. 3,000/motor | Rp. 6,000/mobil
Fasilitas: Toilet, Warug cemilan/makanan dan parkiran
Status info: Update 2016

Curug Cikanteh

Curug Cikanteh memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Diatas Curug ini terdapat curug lainnya yaitu Curug Ngelay yang berukuran sekitar 100 meter, namun Curug Ngelay ini tidak bisa dijangkau, karena aksesnya yang masih sulit dan berbahaya.

Letaknya yang tersembunyi mengharuskan kita untuk berjalan sedikit menanjak bukit dan hutan tropis untuk mencapainya. Terdapat juga sebuah jembatan kayu yang unik dan cocok untuk berselfie ria.

Harga tiket masuk: Rp. 3,000/org
Parkir: Rp. 3,000/motor | Rp. 5,000/mobil
Fasilitas: Toilet umum, warung makanan dan parkiran.
Status info: Update 2017

Curug Puncakmanik

Puncak Manik adalah rangkaian terakhir dari tiga rangkaian air terjun yang mengalir dari Sungai Ciletuh. Untuk menuju lokasi Curug Puncak Manik membutuhkan usaha yang gigih, karena trek perjalanannya yang sangat sulit.

Untuk mencapai curug ini, kita harus menuruni bukit sekitar satu jam perjalanan, selama perjalanan kita akan melewati hutan tropis yang sejuk dan rimbun.

Jika beruntung kita dapat menemukan bunga bangkai Raflesia Fatma. Curug Puncak Manik juga disebut-sebut air terjun paling indah di area Geopark Ciletuh ini.

Dikarenakan masih sulitnya akses di tempat ini, jadi masih belum ada fasilitas umum yang kita bisa gunakan disini.

Harga tiket masuk: Rp. –
Parkir: Rp. –
Status info: Update 2016

Curug Tengah

Curug Tengah adalah air terjun urutan kedua kedua dari rangakain air terjun yang berasal dari sungai ciletuh. Keunikan dari curug tengah adalah aliran airnya yang berada persis di tengah-tengah tebing. Jadi nama “Curug Tengah” bukan hanya disematkan pada urutan air terjunnya saja, tapi juga karena letaknya yang berada di tenah tebing.

Curug Tengah sedikit berbeda dengan saudaranya Curug Awang, disini pemandangan alamnya lebih hijau dan terdapat pula sebuah danau hijau yang terbentuk dari tumpahan air terjun curug tengah. Kita bisa berenang di danau ini, tapi tetap harus berhati-hati karena ada beberapa titik/spot yang memiliki kedalaman yang sangat dalam.

Harga tiket masuk: Rp. 3,000/org
Parkir: Rp. 3,000/motor | Rp. 5,000/mobil
Fasilitas: Warung makanan, toilet umum dan parkiran

Curug Cikaret

Harga tiket masuk: Rp. 3,000/org
Parkir: Rp. 3,000/motor | Rp. 5,000/mobil

Curug Puncak Jeruk

Harga tiket masuk: Rp. 3,000/org
Parkir: Rp. 3,000/motor | Rp. 5,000/mobil

Curug Cigangsa

Harga tiket masuk: Rp. 3,000/org
Parkir: Rp. 3,000/motor | Rp. 5,000/mobil

Keindahan pantai di kawasan Geoarea Ciletuh juga sudah cukup dikenal oleh para Wisatawan. Terdapat belasan pantai yang bisa kita kunjungi disini.

Pantai Batununggul

Seperti destinasi wisata lainnya di Ujung Genteng, Pantai Batununggul masih terjaga kealamiannya. Batu Nunggul juga terkenal sebagai destinasi wisata surving terfavorit, banyak wisatawan baik dalam dan luar negeri datang ke Pantai Batu Nunggul untuk menjajal ombaknya.

Pantai Cibulakan

Pantai ini dengan pasir putihnya, hamparan terumbu karang di sepanjang pesisirnya serta deburan ombak menambah keindahannya.

Pantai Cikadal

Pantai berpasir putih ini dikelilingin pulau-pulau kecil yang menjaga pantai ini dari deburan ombak besar, membuat pantai ini aman digunakan untuk berenang. Saat air pantai surut kita biaa menyebrang ke pulau-pulau disekitar Pantai Cikidal seperti Pulau Mandra.
Akses pantai ini bisa dilakukan dengan menaiki perahu dari pantai palangpang, atau juga bisa melalui jalan utama dari Desa Mandraja. Kita juga bisa pergi ke wisata Gunung Badak dan Pantai Kunti dengan berjalan kaki dari pantai ini.

Pantai Cikalapa

Pantai Cikepuh

Pantin Citirem

Pantai Legokpandan

Pantai Ombaktujuh

Pantai Palangpang

Pantai Sodong Parat

Pantai Ujung Genteng

Pantai Cibangban

Pantai Kunti

B.A.T. (Buniayu Adventure & Training)

buniayu adventure training goa buniayu

Di Buniayu Adventure & Training kita bisa mengikuti petualangan seru dengan menulusuri Goa Buniayu dan bermain di air terjun bibijilan. Ada tiga goa alam yang bisa kita telusuri disini, Goa Wisata, Goa Landak dan Goa Kerek. Namun saat musim hujan kita hanya bisa memasuki Goa Landak dan Goa Kerek saja.

air terjun bibijilan buniayu adventure training

Goa Buniayu adalah Goa Alami yang terbentuk akibat pengangkatan lempeng tektonik berjuta-juta tahun lamanya. Hasil pengangkatan lempeng tektonik ini meninggalkan beragam fosil-fosil pada dinding Goa Buniayu. Untuk menelusuri Goa Buniayu dianjurkan untuk menyewa jasa pemandu, karena waktu untuk menjelajahi Goa ini membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam.

Kita juga akan melewati medan lumpur & tumpukan batu, memanjat tebing, dan sebagainya. Maka itu fisik dan daya tahan tubuh yang kuat sangat penting disini. Cape sih, namun semua jerih payah dan lelah kita akan terbayar lunas dengan keindahan alam Goa Buniayu ini.

Harga paket wisata: Mulai dari Rp. 195,000- Rp. 665,000

Parkir: –

Fasilitas: –

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah salah satu dari 5 Taman Nasional tertua di Indonesia. Seperti namanya TNGGP berada di antara Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Selain dijadikan tempat pendakian yang menantang, di taman nasional ini juga terdapat hutan Konservasi yang memiliki banyak keanekaragaman hayati serta lansekap yang sangat indah untuk dinikmati.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango memiliki luas 15.196 Ha yang mencakup 13 Kecamatan di 3 Kabupaten yang berbeda, Bogor 25%, Sukabumi 30% dan Cianjur 45%. TNGGP bisa diakses melalui 6 pintu gerbang/jalur, Cibodas, Gunung Putri, Bodogol, Cisarua, Selabintana dan Situgunung. Untuk di Sukabumi kita bisa mengambil jalur lewat Situ Gunung yang lokasinya berada di Cisaat, Kab. Sukabumi. Di sekitar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango terdapat 2 tempat wisata yang menjadi primadona.

Situ Gunung & Curug Sawer Sukabumi.

Situ Gunung adalah sebuah danau buatan, sekitaran danau Situ Gunung juga banyak ditumbuhi banyak pepohonan pinus. Konon dalam pembuatannya hanya memerlukan waktu 7 hari saja.

Di Situ Gunung kita juga bisa berkemah dan mengarungi danau dengan perahu, untuk camping kita harus merogoh kocek -/+ Rp. 27,500/org dan untuk perahu Rp. 20,500/jalan. Selain itu ada juga wahana flying fox yang bisa kita coba.

Curug Sawer Situgunung, diatas curug ini terdapat 2 curug lainnya yaitu Curug Willy dan Curug masih dalam satu kawasan yang sama dengan danau Situ Gunung. Curug ini mempunyai curug lainnya ditas Di kawasan wisata Situ Gunung terdapat wahana wisata baru “Mochi”, jembatan gantung terpanjang di Jawa Barat yang menghubungkan anatara danau situ gunung dan curug sawer sukabumi. Untuk bisa melewati jembatan Mochi, kita harus membayar biaya retribusi sebesar Rp. 27,500/org nya.

Harga tiket masuk: Rp. 12,500/org

Parkir: Rp 3,000/motor | Rp. 5,000/mobil

Fasilitas: Toilet umum, warung, parkiran , perahu, camping ground, dll

Situ Sukarame

Satu lagi tempat wisata di Paransalak yang harus kamu coba. Situ Sukarame sebuah danau buatan yang dikelilingi pohon pinus dan pesawahan, membuat suasana diaekitar danau ini sejuk dan teduh. Selain digunakan untuk berpiknik dan berkumpul bersama danau ini biasanya juga dijadikan sebagai tempat pemancingan umum, jadi cocok banget buat kamu yang hobi mancing, jangan lupa bawa pancingan kamu kalo berkunjung kesini ^^.

Kita juga bisa mengelilingi danau ini dengan menggunakan perahu bebek, untuk sekali jalannya berkisar antara Rp. 25,000 – Rp.30,000 sekali jalannya. Sayangnya danau masih belum dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat, jadi belum terlalu banyak wahana yang tersedia disini. Akses ke danau ini sudah bagus dan mudah dilalui.

Harga tiket masuk: Rp. 5,000/org

Parkir: –

Fasilitas: Toilet umum, mushola, warung jajanan dan parkiran

Javana Spa Cidahu

Bagi kamu yang berjiwa petualang dan suka tantangan plus gak takut untuk berkemah di pedalaman hutan Gunung Salak, Javana Spa Camping Ground Sukabumi ini cocok banget buat kamu.

Di sekitar lokasi perkemahan ini banyak ditumbuhi pohon pinus dan damar yang menjulang tinggi. Akses untuk menuju Javana Spa ini sudah bagus dan mudah dilalui. Tersedia juga paket wisata camping dan outbond.

Harga tiket masuk: Rp. 5,000/motor

Harga paket wisata: Mulai dari Rp. 150,000 – Rp. 650,000

Fasilitas: –

Taman Rekreasi Salabintana

Taman rekreasi keluarga yang lokasinya dekat dengan pusat kota Sukabumi ini menawarkan beragam keindahan dan kesejukan taman. Rumput yang bagus dan area bermain yang luas menjadikan taman ini salah satu wisata terfavorit keluarga.

Taman ini memiliki fasilitas umum yang cukup baik dan beragam wahana permainan yang menarik. Mulai dari mushola, toilet umum, parkiran yang aman, flying fox, permainan ATV, perkebunan teh, penginapan, kawasan bermain, dan fasilitas lainya.

Harga tiket masuk: Rp. 5,000/org

Parkir: Rp. –

Fasilitas: Mushola, toilet umum, parkiran, ATV, flying fox, camping ground, kolam renang, kawasan bermain dan penginapan. Arum Jeram Citarik Cimaja Pemandian Air Panas

2 Replies to “Deretan Destinasi Wisata Terpopuler di Sukabumi! Expoler Sukabumi Yuk!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *